Pandemi, Konser Idol dilakukan Virtual

Tidak hanya di Indonesia, pandemi COVID-19 yang mewabah sejak april juga mengganggu seluruh aktivitas di Korea Selatan termasuk aktivitas industri hiburannya. Meski sudah menurunkan level lockdown menjadi new normal, Korea Selatan tetap melakukan pengawasan untuk melarang adanya kegiatan yang mengumpulkan banyak massa. Apalagi Korea Selatan terkenal akan netizennya yang begitu sensitif jika berkaitan dengan Idol yang memberikan contoh buruk saat pandemi ini.

Hal ini tentu sangat berdampak pada jadwal kegiatan yang sudah disusun jauh sebelum adanya pandemi. Kegiatan konser adalah salah satu acara yang terdampak dari adanya pandemi ini. Padahal, pagelaran konser sudah seperti kegiatan yang wajib dilakukan oleh sebuah idol group ketika selesai merilis album.

Namun, dengan adanya pandemi ini kegiatan konser pun tidak bisa dilaksanakan. Banyak dari agensi yang menaungi grup – grup besar seperti contohnya JYP Entertainment yang membatalkan pagelaran konser dari dua grup idol besar mereka TWICE dan GOT7. Konser yang bertajuk Keep Spinning in Bangkok ini seharusnya dilaksanakan bulan November di Rajamangala Stadium, Bangkok. Namun kendati demikian, banyak agensi yang membuat konser secara virtual alih – alih membatalkannya.

SM Entertainment selaku agensi yang menaungi banyak grup terkenal seperti Super Junior, EXO, Girls’ Generation, Red Velvet dan NCT inipun memiliki langkah kreatif agar kegiatan para artisnya tetap berjalan dengan lancar. SM tidak segan – segan membuat studio khusus berstandar tinggi untuk para artisnya melakukan konser secara virtual yang dipercantik dengan canggihnya teknologi AI (Artificial Intelegent) . 

Konser Virtual Super Junior

Salah satu artis yang sukses melakukan konser virtual adalah NCT 127 yang baru saja menyelesaikan konser virtualnya pada 17 April lalu yang bertajuk “Beyond The Origin”.

Poster Konser Virtual NCT 127

Selain itu, pada konser tersebut tempat atau kursi penonton pun diganti menjadi visual lightstick yang sangat persis menyerupai penonton aslinya. Tidak hanya NCT, ternyata ada pula artis yang menggunakan metode yang sama yaitu BTS.

Konser yang bertajuk “BTS Map of the Soul ON:E” ini sukses diadakan dari tanggal 10 hingga 11 Oktober untuk konser dua hari, menarik 993.000 penonton langsung dari 191 wilayah berbeda di seluruh dunia.

Konser BTS Map Of The Soul ON:E

Sama uniknya dengan NCT, konser bts mengganti banyak ruang untuk penonton menjadi armybomb (sebutan untuk lightstick BTS) ditambah dengan banyaknya hiasan AI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *