JENIS – JENIS KAIN YANG BAGUS UNTUK DIJADIKAN MASKER KAIN

Masker kain menjadi suatu alternative dikala masker medis menjadi senuah kelangkaan. Pemerintah pun mengeluarkan aturan darurat untuk memperbolehkan masker kain dengan ketentuan masker harus memiliki 3 lapis kain. Namun, bukan berarti kamu bisa bebas memilih masker kain hanya karena lucu untuk mendapatkan perlindungan yang optimal. Tetapi yang pasti, kita harus tetap memakai masker ketika berpegian kemanapun dan jangan lupa untuk mencuci tangan atau memakai hand sanitizer ketika ingin menyentuh atau membuka masker.

Terkait bahan kain mana yang lebih baik, para ilmuwan sudah memilih beberapa yang bisa menjadi acuan atau rekomendasi bagi kamu yang ingin memakai masker. Berikut adalah beberapa bahannya :

  1. Kain Katun

Rekomendasi yang pertama ada kain katun. Lalu Mengapa kain katun menjadi rekomendasi yang paling baik? jawabannya dikarenakan kain katun memiliki serat serat yang sangat kecil yang dapat menahan partikel-partikel dari virus yang berusaha masuk ke dalam rongga pernapasan. Hal ini juga tidak hanya omongan belaka, karena menurut para ahli yang sudah melakukan penelitian dari banyaknya kain yang dites kain katun dapat menyaring kurang dari 10% partikel virus yang berusaha masuk. Lagi pula kain katun sudah banyak tersedia dan mudah ditemukan dan bahannya yang adem sehingga mampu menyerap keringat. 

Selain kain tunggal ternyata kain yang dicampur atau dimodifikasi dan dilakukan perpaduan dapat memberikan hasil perlindungan yang sangat signifikan. Contohnya kain serat alami  yang dipadukan dengan kain sintetis. Salah satu contoh kain yang diberi perpaduan adalah kain hibrida.

2. Kain Hibrida.

Kain hibrida adalah kombinasi antara kapas dengan sutra atau kapas dengan sifon atau kapas dengan flanel. Para peneliti pun menyebut efektivitas dari penyaringan hibrida adalah sebanyak 80% untuk partikel berukuran kecil.

3. Bahan kertas

Yang ketiga ada bahan kertas. bahan kertas seperti tisu atau tisu yang dijual di toko-toko  dapat memberikan perlindungan yang baik. Dan juga bahan seperti tisu Ini bisa memberikan kita keleluasaan untuk bernafas. Tetapi kami merekomendasikan bahan tisu ini hanya untuk sebagai lapisan kedua, Mengapa? Karena sangat tidak mungkin jika dijadikan lapisan ke-1.   Selain tisu,  ternyata filter kopi juga bisa efektif untuk menyaring tetapi sangat tidak direkomendasikan dan tidak memungkinkan untuk bernafas.

4. Bahan APD DRILL WR

Yang terakhir, ada bahan bernama APD Drill Wr.  jika kalian baru mendengarnya sangat wajar karena kain ini merupakan dari percetakan yang telah bekerjasama dengan kami. bahan ini sangat menyerupai standar APD yang  digunakan garda terdepan medis.  Selain itu bahan ini juga memiliki kelebihan lain diantaranya bahan yang anti air namun tetap mudah untuk bernafas. maka oleh karena itu,  Chillin Paradise  menggunakan bahan tersebut sebagai bahan terluar atau bahan paling pertama yang melakukan perlindungan pada masker kami sehingga standar yang diberikan dari masker kami,  keamanannya terjamin.

Masker dari chillin paradise ini,  memiliki secondary kain atau lapisan kedua yang diberi kebebasan terhadap pembeli sehingga masker tidak mudah kotor dan bisa mengganti filter kapanpun. Kami merekomendasikan filter tisu untuk dijadikan lapisan kedua.  untuk lapisan ketiga kami menggunakan bahan rekomendasi pertama dari para peneliti yaitu kain katun.  kelebihan dari kain katun selain dari bahan yang sudah teruji kain katun juga memiliki tekstur yang lembut dan juga menyerap keringat sehingga kami menggunakannya Di lapisan ketiga agar nyaman ketika digunakan di wajah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *