Cara Merawat Masker Kain

Halo para pembaca setia Chillin Paradise

sumber : gobings.com

Seperti yang kalian ketahui, penerapan protokol kesehatan yang wajib dilaksanakan pada masa new normal pada saat ini adalah wajib memakai masker. Pada saat ini, penggunaan masker kain adalah bahan yang paling banyak digunakan di masyarakat. 

Bagi kamu juga yang memang pengguna setia masker kain, tahukah kamu? bahwa penggunaan masker kain ada aturannya dan tidak sembarangan loh. Aturan ini dibuat bukan untuk mengekangmu atau mengganggumu dalam penggunaan masker kain, melainkan untuk membuatmu aman dan terhindar dari penyakit juga agar membuat maskermu tetap steril.

Selain itu, kami sudah mengutip cara yang baik untuk merawat masker dari beberapa sumber :

Cuci rutin masker

Agar menjaga kesterilan dari sebuah masker, kami menyarankan untuk mengganti masker setiap 4 jam sekali ketika diluar rumah. Ketika anda sudah sampai dirumah silahkan cuci masker anda.

Lalu, bagaimana cara mencuci masker kain yang baik dan benar?

Sebenarnya, untuk hal ini caranya sangat sederhana, kamu hanya perlu mencuci dan mengeringkan seperti biasanya. Namun ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan seperti gunakan sabun cuci yang mudah larut pada air hangat dan juga hindarilah deterjen yang mengandung antiseptik juga pemutih karena dapat mempengaruhi bahan masker.

Apakah masker kain harus selalu dicuci ketika sudah selesai digunakan?

Benar, masker harus dicuci setiap hari atau sebelum digunakan. Agar kotoran atau pahit – pahitnya virus menempel pada maskermu, bisa hilang saat sudah selesai dicuci karena virus bisa hilang oleh sabun. Step ini sangat penting untuk merawat masker.

Lalu berapa lama masker kain biasanya bisa dipakai dan disimpan?

Masker kain bisa bertahan hingga 30 kali setelah kamu mencucinya. Namun bukan berarti jika sudah melebihi 30x cuci kamu tidak bisa menggunakannya. Kamu tetap bisa menggunakannya namun efektifitasnya sudah mulai berkurang. Juga jika kamu tidak merawat masker yang kamu miliki, masker bisa saja lebih cepat rusak karena jamur atau hal –hal lain.

Terakhir, ketika sudah selesai menggunakan masker, apakah harus digunting dan dibuang?

Sebenarnya hal tersebut tidak diwajibkan untuk dilakukan, cukup membuangnya seperti biasa agar bisa dilakukan daur ulang. Namun pada saat ini, menggunting masker lebih aman dilakukan karena ditakutkan ada oknum jahat yang mendaur ulang masker bekas menjadi masker kembali.

Nah segitu saja artikel yang bisa kita sampaikan, semoga bermanfaat ya teman – teman! Bagi kalian yang mungkin saja sedang mencari masker, kami menyiapkan beberapa masker motif kpop yang kece abis loh! bisa kaliaan cek di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *