Cara membuat masker kain dirumah (DIY)

Halo, teman – teman pejuang masker! eh, ko pejuang masker sih? haha.

Di weekend panjang ini, kalian pasti sedang mencari kegiatan bersama keluarga untuk berlibur dirumah bukan? atau jika kamu membacanya sesudah long weekend, apakah kalian sedang mencari kegiatan untuk berlibur dirumah juga? jika iya ataupun tidak, chillin paradise punya informasi yang bermanfaat nih buat kalian.

Bagi anak – anak, biasanya diusia mereka rasa ingin tahu masih sangat tinggi, apalagi di era milenial seperti saat ini. Anak – anak sekarang bisa dengan mudah mencari video tutorial seperti video DIY atau tutorial membuat slime yang sangat booming pada masanya.

Selain itu, untuk mendukung gerakan #DirumahAja saat berlibur, kami punya tutorial membuat masker kain yang bisa kamu tiru loh! Penasaran bagaimana caranya? langsung saja yuk meluncur.

Step satu

Untuk tahap yang pertama, kamu perlu menyiapkan bahan – bahan yang diperlukan. Berikut adalah listnya :

  1. Kain yang ingin dijadikan lapisan pertama

Disini kamu bisa memakai kain katun atau kain apa saja yang sekiranya aman untuk digunakan sebagai kain pelindung masker yang akan kamu buat. Jika kamu merasa bingung, kami sudah pernah membahas loh kain apa saja yang diperlukan, klik artikelnya di sini.

  1. Kain yang ingin dijadikan lapisan kedua (Opsional)

Kain pada step ini optional ya teman – teman. Mengapa? Karena jika kamu ingin berkreasi untuk menggantinya dengan tempat tissue, itu bisa sekali kok.

  1. Kain yang ingin dijadikan lapisan ketiga.

Sama seperti step pertama, kamu bisa memakai kain yang kamu inginkan. Namun disini kami menggunakan kain kaos cotton combed 30s agar mudah menyerap keringat.

  1. Benang jahit + Jarum jahit

Salah satu bahan yang paling penting! Tanpa benang dan jarum, bukan menjahit namanya bukan? Sesuaikan warna benangnya dengan maskermu ya.

  1. Tali Elastis

Tali elastis atau yang biasa digunakan pada pakaian dalam ini sekarang akan sangat berguna untuk memasakan tali ke telingamu!

Nah, itu semua bahan yang diperlukan! Untuk step selanjutnya mari kita lanjut ke bagian menggunting kain.

Step dua

Pada step ini, kalian bisa gunting ketiga kain yang telah kalian siapkan sesuai ukuran yang sudah kami atau kak asakecil siapkan.

Yaitu buat ukuran tinggi berukuran 13.5 pada tengah masker, 28cm untuk lebarnya, dan 8cm untuk tinggi bagian pinggirnya. Semua kainnya dibuat sama ya ukurannya.

Selanjutnya lipat masker dan tandai bagian yang kami garisi difoto dibawah ini untuk dijahit

Jika sudah, silahkan jahit bagian yang sudah ditandai

Setelah selesai dijahit, kalian bisa menggunting bagian yang tersisa hingga terlihat seperti ini

Lalu lakukan hal yang sama pada bagian bawahnya

Jika sudah, lakukan step ini pada kain kedua dan ketiga. Untuk menghemat waktu, kalian bisa menjahitnya berbarengan.

Jika sudah selesai, gabungkan ketiganya dan sesuaikan posisinya dengan keinginan anda.

Kamu juga bisa memakai jarum pentul untuk memudahkan dalam menjahit

Langkah selnjutnya silahkan jahit pinggirannya yang sudah dibantu oleh jarum pentul. Wuhu! Step hampir selesai.

Oh iya jangan lupa sisakan bolongan dibagian kedua ujugnya untuk memudahkan saat membalik kainnya ya

Jika sudah, silahkan balik kain, lalu jahit bagian ujung yang tadi belum dijahit. Selanjutnya siapkan tali dan buatkan lipatan terlebih dahulu dibagian ujung sebelum memasukan tali.

Jika sudah, silahkan masukan talinya. Dan potong kedua tali sebesar 20cm. kalian bisa menjahit tali karetnya, atau jika ingin lebih mudah, kalian bisa mentalikannya saja.

Selesai deh! Bagaimana mudah bukan? Namun jika kalian malas untuk membuatnya atau merasa rumit, kalian bisa loh lihat – lihat masker keren dan yang pastinya dengan standar yang tinggi disini.

Selamat mencoba!

Sumber Youtube : Asakecil

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *