Kelebihan dan Kekurangan Masker Kain

 

Masker kain kini menjadi masker yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dibanding masker medis. Selain lebih mudah digunakan dan lebih mudah ditemukan, bahan ini juga sangat terjangkau dibandingkan masker medis yang harganya tidak semurah dahulu.  Masyarakat juga lebih banyak memilih masker kain dikarenakan motifnya yang bisa dipilih sesuai keinginan kita.

Meski dipandang sebelah mata karena dianggap tidak mampu menahan droplet seperti masker medis, ternyata masker kain juga bisa menahan droplet loh. Asalkan memiliki 3 lapisan kain. Tetapi tetap saja, kamu tidak boleh menyepelekan penyakit ini hanya karena kamu memakai masker kain. Kamu juga harus memperhatikan aturan – aturan pemakaian masker kain antara lain seperti kamu tidak boleh memakainya lebih dari 4 jam dan jika sudah digunakan kamu harus menggantinya.

Selain itu, masker kain juga memiliki banyak kelebihan dan beberapa kekurangan loh, penasaran apa saja? berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari masker kain :

  1. Mampu Menahan Droplet

Seperti yang dijelaskan diatas, masker kain juga mampu menahan droplet. Khususnya kain katun yang sudah di uji oleh para ahli dikarenakan kain katun memiliki serat yang sangat kecil sehingga dapat menahan partikel dari virus yang berusaha masuk. Menurut para ahli, masker kain dapat menyaring kurang dari 10% virus yang dilakukan test penyaringan. Simak berbagai macam jenis kain yang bagus untuk dijadikan masker kain di sini.

  1. Bahan yang mudah ditemukan

Karena kain yang digunakan tidak khusus seperti masker medis, maka kain untuk masker kain seperti katun tidak mengalami kelangkaan alias masih banyak sekali dan mudah ditemui di toko – toko kain di kota anda. Kain yang ditawarkan untuk masker kain pun beragam, dimulai dari kain katun hingga kain nilon, kamu dapat dengan bebas memilih kain yang ingin dijadikan masker. Namun jika kamu merasa malas untuk membuat masker, kamu bisa melihat jalan pintasnya di  sini.

  1. Dapat membuatnya sendiri

Jika kamu merupakan orang yang suka akan hal – hal berbau DIY (do it by yourself), kamu cocok sekali akan kelebihan masker kain di nomor ini! Jaman sekarang mudah sekali untuk mengakses video tutorial untuk melakukan apapun, termasuk cara membuat masker kain. Ohiya, kita juga membuat tutorial cara membuat masker kain dari bahan yang ada dirumah loh! Kamu bisa klik di sini jika berminat.

  1. Harga yang terjangkau

Kelebihan yang satu ini mungkin sudah diketahui banyak orang, dan kalian tentu menyukainya bukan? Masker kain tergolong murah dalam penggunaannya jika dibanding masker medis. Mengapa? Karena jika kamu memakai masker medis,  maskernya tidak disarankan untuk dicuci karena akan merusak maskernya. Selain itu masker medis memang disarankan untuk sekali pakai. Berbeda dengan masker kain, kamu bisa memakainya terus menerus selama mengikuti aturan yang berlaku yaitu menggantinya setiap 4 jam sekali dan mencucinya jika sudah selesai memakai.

Masker Kain anti air
Masker kain anti air murah motif kpop bts blackpink

Selain kelebihannya, sesuatu di dunia pasti memiliki kekurangan bukan? Karena hanyalah Tuhan yang memiliki kesempurnaan. Maka dari itu berikut kekurangannya :

  1. Tingkat keamanannya tidak setinggi masker medis

Perlu diakui, walau mampu menahan droplet dan menyaring hingga 10%, masker kain memiliki tingkat perlindungan 70% jika dibandingkan dengan masker medis yang memiliki tingkat akurat sebesar 97%.

  1. Tidak bisa langsung dipakai

Perlu diketahui, masker kain tidak boleh langsung digunakan. Mengapa? Karena masker kain tidak dibuat dengan tingkat higenis yang tinggi seperti masker medis. Mungkin saja orang yang membuat masker kain tersebut membuatnya tidak memperhatikan protokol kesehatan. Maka dari itu kamu wajib mencuci dan menjemurnya dibawah terik matahari ya.

Nah bagaimana teman -teman? apakah tertarik untuk mencoba masker kain?

Sesuatu pasti memiliki plus minusnya tersendiri ya teman – teman,  tapi kita tidak bisa menyamaratakan semua masker memiliki kelebihan dan kekurangan seperti diatas. Karena yang pasti hanya ada di :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *