Adakah Rasa Nasionalisme bagi Kpopers?

Hai teman – teman Kpopers!

Kali ini Chillin Paradise mau membahas tentang rasa nasionalisme bagi kpopers. Di era yang serba canggih ini, siapa sih pengguna internet yang gatau soal Kpop? Sekarang ini kpop sedang menjadi rajanya musik di kalangan remaja Indonesia dan mungkin chillin paradise salah satunya. Walaupun ga fanatik, tapi banyak orang yang menilai kalo Kpopers itu ga cinta sama negaranya sendiri, wah emang iya? Langsung aja kalau gitu markihas! mari kita bahas.

Jaman sekarang, banyak orang yang menjudge kpopers tidak memiliki rasa nasionalisme. Seolah-olah kalau ga dengerin lagu Indonesia itu artinya kita orang yang gak nasionalis. Apa karena kita nontonnya drama bukan sinetron? Apa karena kita hobinya liatin video klip boyband/girlband dibanding lambe turah? Rasanya miris sekali sama warga negara sendiri yang mungkin menjadikan kesukaan seseorang sebagai acuan rasa nasionalisme.

Guys, rasa nasionalisme itu gabisa diliat dari satu atau beberapa sisi aja, gabisa jug adilihat daari perilaku kita terhadap hobby kita. Ada banyak aspek yang seharusnya dilihat sebagai acuan atau patokan penilaian rasa nasionalisme seseorang.

Rasa nasionalisme seseorang itu diukur dari cara dia mengharumkan bangsanya dan tetap melakukannya dimanapun dia berada. Lalu bagaimana cara dia mengakui bahwa dia adalah orang Indonesia pun bisa dibilang sebagai dasar kecintaannya terhadap negara sendiri. Contohnya, kamu berkenalan dengan teman onlinemu dari luar negeri, lalu dia bertanya, dari mana asalmu? dengan kamu menjawab dari Indonesia itu artinya kam usudah mengakui bahwa kamu memiliki rasa nasionalisme dan tidak malu terhadap negara sendiri.

Kita bisa belajar menanamkan rasa nasionalisme yang lebih tinggi, lewat mengharumkan nama Indonesia, menggunakan produk produk lokal dan mendidik untuk menghargai perbedaan. Seperti mensupport barang kami misalnya? hehe tapi kalau kamu serius kamu boleh check dagangan kita disini. Oke kembali lagi pada topik. Belajar untuk menerima itu ga salah kan? Atau kita sama – sama belajar menambah rasa nasionalisme dan kecintaan pada negara sendiri, tanpa ada judging juga gasalah kan?

Maka dari itu, setiap orang memiliki tolak ukurnya masing – masing. Rasa nasionalisme itu tidak bisa diukur hanya dari kesukaan. Seperti yang sudah diceritakan tadi, saling menghargai dan mengakui bahwa kita adalah warga negara indonesia pun bisa dijadikan sebagai acuan dasar mengukur kenasionalisan seseorang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *